Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Startup Indonesia di Mata Mancanegara

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017 18:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 13 207 1617187 startup-indonesia-di-mata-mancanegara-iqgivoctar.jpeg Foto: Okezone/ Kustin Ayuwuragil

JAKARTA – Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk paling besar di dunia. Tidak salah ketika Tanah Air disasar berbagai perusahaan termasuk teknologi untuk dijadikan lapak. Namun jangan sampai bisnis anak negeri kalah di kandang sendiri.

Mountain Partners yang merupakan perusahaan venture capital menyebut bahwa ekosistem startup di Indonesia sebenarnya sudah semakin matang. Indonesia memiliki potensi yang besar karena banyaknya jumlah penduduk dan layanan yang perlu untuk masyarakatnya sendiri. Hal itu saja sebenarnya sudah cukup menjanjikan kehidupan bagi para startup enthusiasts.

“Di pasar yang besar seperti Indonesia, tidak perlu membangun aplikasi seperti Facebook versi Indonesia. Kami sangat senang membantu bisnis yang sudah ada, yang lokal, membangun ekosistem lokal dengan baik. Dengan berjalannya waktu, universitas, masyarakat, dan investor akan membutuhkan media sosial yang bisa menghubungkan semuanya. Tidak perlu langsung menjadi Silicon Valley, tetapi mengadaptasinya untuk keperluan lokal dulu,” ujar Marco Stutz, Investment Director Mountain Partners saat mediabriefing di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).

Tidak hanya dari segi kuantitas, Marco juga menyebut bahwa dari segi kualitas startup di negeri sendiri semakin bagus.

Sayangnya, Andy Zain selaku Managing Director perusahaan inkubator Kejora menyatakan bahwa masih banyak pula startup yang tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Banyak perusahaan yang mau berinvestasi hanya ketika startup ini sudah besar sehingga timbul kesenjangan.

“Banyak anak-anak muda yang punya pemikiran dan ide bagus tidak sempat mendapatkan pintu kesempatan karena belum maju sudah ditolak jadi susah untuk diajak kerjasama. Yang mau invest ketika sudah besar itu banyak tapi yang mau bantu sejak awal itu tidak banyak,” paparnya.

Oleh karena itu, Kejora dan Mountain Partners bergabung dengan Indosat Ooredoo membuat inisiatif Ideabox untuk memberikan pendanaan, pendampingan, dan akses pada startup tahap awal. Sekadar informasi, Ideabox baru saja mengumumkan tiga pemenang untuk batch keempatnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini