Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Sumber Kegalauan Startup Pemula di Indonesia

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 07:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 13 207 1617247 deretan-sumber-kegalauan-startup-pemula-di-indonesia-qkaVoWxSLG.jpg

JAKARTAStartup kini mulai menjamur di Indonesia. Tak hanya karena sedang ngetren, pemerintah juga sedang sedang menggalakkan 1.000 startup dalam roadmap e-commerce hingga 2020.

Namun sebagai usaha baru di media digital, tidak mudah merintis bisnis startup. Dua startup yang baru saja mendapatkan pendanaan dari Ideabox, Sevva.co dan AyoSlide membagikan pengalaman mereka merintis startup masing-masing.

Untuk Rizki Fitriana Sari alias Yayi sebagai CEO AyoSlide tidak mudah untuk bisa dilirik oleh investor. Sekadar catatan, AyoSlide adalah startup mobile advertising yang memanfaatkan lockscreen smartphone Android.

Struggle ya karena agak sulit convince orang bahwa kami punya produk yang bisa dipercaya dan jalan,” kata dia.

Hal serupa juga disuarakan Michael Luckyman yang merupakan COO Savva.co. Tak memiliki modal, jaringan terbatas, dan teknologi menjadi hambatan.

“Yang susah sebenarnya resource sih menurut kami. Enggak cuma uang tetapi juga teknologi, jaringan, dan modal. Siapa sih kami? Baru mulai dan enggak punya modal. Kami semua juga udah pernah nyari uang di luar sana,” kata dia.

Kendati demikian, Yayi dan Michael akhirnya mendapatkan pendanaan dan berencana membesarkan startup mereka. “Berani coba, berani maju, punya komitmen, kerjain sebisa mungkin sekeras mungkin, dan yang paling penting cari orang yang hebat di bidangnya dan konsultasi supaya pas ide maju ke investor udah siap,” tutup Yayi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini