Elon Musk Sarankan Manusia Menjadi Robot

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 15 Februari 2017, 06:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 14 56 1618281 elon-musk-sarankan-manusia-menjadi-robot-GVcwD07OYq.jpg (foto: Comic Vine)

DUBAI - CEO SpaceX, Elon Musk, sudah lama dikenal sebagai seseorang yang vokal terhadap bahaya kecerdasan buatan terhadap umat manusia. Baru-baru ini, ia mengungkapkan cara untuk mencegah bahaya itu terjadi.

Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa di masa depan manusia dan robot harus menjadi satu. Pasalnya, manusia membutuhkan bantuan teknologi untuk berkomunikasi langsung dengan mesin.

"Seiring dengan waktu, saya berpikir bahwa manusia dapat melihat bersatunya kecerdasan biologis dengan kecerdasan buatan," ujar Elon.

Secara lebih jauh, ia menjelaskan bahwa proses penyatuan tersebut dapat dilakukan dengan menanamkan sebuah teknologi di otak manusia. Selain itu, ia juga mengingatkan perlunya penelitian lebih lanjut mengenai proyek ini.

Yang pasti, ide penggabungan manusia-komputer bukanlah ide baru. Lima puluh tujuh tahun yang lalu, psikolog dan pelopor ilmu komputer p J.C.R. Licklider menulis teori "interaksi kooperatif antara laki-laki dan komputer elektronik". Demikian seperti dikutip dari The Verge, Rabu (15/2/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini