Huawei Berencana Bikin Voice Assistant untuk Smartphone

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 16 207 1620045 huawei-berencana-bikin-voice-assistant-untuk-smartphone-KjNwLEwelz.jpg Foto: Ubergizmo

BEIJING Voice assistant sudah dimiliki beberapa perusaahaan teknologi seperti Apple dengan Siri, Google dengan Google Assistant, serta Microsoft dengan Cortana. Asisten virtual tersebut terintegrasi dengan ponsel atau komputer.

Huawei rupanya juga tak ingin ketinggalan langkah. Berdasarkan laporan Bloomberg, Kamis (16/2/2017), Huawei berencana membuat asisten suara sendiri untuk ponsel-ponselnya. Laporan juga menyebutkan bahwa mereka memiliki 100 orang dalam tim yang saat ini mengerjakan proyek itu.

Asisten suara tersebut dikembangkan di kantor teknologi Huawei di Shenzhen, China. Kini proyek masih dalam tahap awal. Asisten suara itu awal mulanya akan dikhususnya untuk pasar di China dan berkomunikasi dalam bahasa Mandarin.

Menarik melihat Huawei mengejar platform lainnya. Apalagi, asisten ini kabarnya juga akan menggunakan kecerdasan buatan seperti Amazon Alexa.

Huawei mungkin akan bekerja sama dengan Google dan Amazon untuk perangkat yang dijual di luar China. Namun perlu dicatat bahwa rumor ini belum mendapatkan konfirmasi dari perusahaan asal Beijing tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini