Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Segudang Fitur LG V20, Pesaing iPhone 7 Plus

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 16:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 16 92 1620262 mengintip-segudang-fitur-lg-v20-pesaing-iphone-7-plus-Dr1nlINg18.jpg Review LG V20 (foto: Okezone)

JAKARTA - Sebuah smartphone kini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Seiring berjalannya waktu, fitur-fitur di sebuah smartphone kini semakin lengkap dan memudahkan para pengguna. Kelengkapan fitur tersebut tertuang di smartphone LG V20.

Sekadar diketahui, LG V20 merupakan penerus dari V10 yang dirilis pada 2016. Selain itu, smartphone ini juga merupakan handset pertama yang menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0 di Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kecanggihan LG V20, mari simak ulasan berikut ini.

Desain

Premium, itulah kesan yang Okezone dapatkan ketika melihat smartphone flagship ini. Pasalnya, material metal yang digunakan LG membuat V20 terlihat sangat premium. Di sisi depan, layar 5,7 inci tampak memenuhi ruang, hal tersebut membuat ponsel ini tampak seperti bezel-less. Di bagian atas terdapat ruang khusus untuk kamera serta layar sekunder yang menjadi fitur andalah LG V20.

Bergeser ke belakang, hal yang cukup mencolok adalah kehadiran logo Bang & Olufsen di bagian punggung. Selain itu terdapat tombol pemindai sidik jari yang huga berfungsi sebagai power.

 

Uniknya, LG tidak menggunakan konsep unibody di ponsel ini. Dengan kata lain, pengguna dapat melepas baterai jika ponsel sewaktu-waktu tengah mengalami crash. Untuk melepas cangkang belakang, LG menyediakan tombol khusus di sisi kanan bawah.

Secara keseluruhan, desain LG V20 menimbulkan kesan maskulin bagi para pengguna. Sayangnya, bagian belakang LG v20 tidak menimbulkan kesan premium karena tampak seperti menggunakan material plastik.

 

Kamera

Berbicara soal ponsel flagship, tak lengkap rasanya tanpa menceritakan kecanggihan kameranya. Serupa dengan LG G5, dalam seri V20 terdapat fitur lensa ganda untuk menambah pengalaman fotografi. Sebagai informasi, lensa standar berukuran 16 MP sedangkan lensa wide berukuran 8 MP untuk sutu pandang lebih luas.

 

Untuk kebutuhan fotografi layaknya profesional, LG juga menyediakan beragam mode pengambilan gambar yang dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi, seperti panorama, gerak lambat, dan foto beruntun. Di mode manual, Anda dapat melakukan berbagai macam pengaturan, seperti ISO dan shutter speed. Hal itu akan berguna bagi Anda yang menginginkan gambar bokeh.

Kehadiran lensa wide juga sangat membantu pengguna untuk mendapatkan cakupan gambar yang lebih luas. Uniknya, lensa ganda juga disematkan di kamera depan. Alhasil, selfie Anda kini akan lebih nyaman bersama banyak teman.

Untuk kebutuhan perekaman gambar, LG juga sudah menyematkan Steady Record 2.0, sehingga rekaman tidak gampang goyang. Hal tersebut sangat berguna bagi Anda yang sedang merekam dalam keadaan bergerak.

Software dan Spesifikasi

LG V20 merupakan salah satu ponsel yang sudah mengadaptasi Android 7.0 Nougat. Dengan kehadiran tampilan antarmuka LG UX 5.0, pengguna akan lebih mudah dalam mengatur aplikasi. Penggunaan Nougat sebagai sistem operasi membuat LG V20 mendukung 5 fitur seperti Reply from Notifications, Switching Quick Settings, Daydream VR, Multi-Window, dan Doze Mode.

Salah satu andalan LG V20 yang tidak ada di ponsel lain adalah kehadiran layar sekunder di sisi kanan atas. Layar ini akan tetap menyala walaupun ponsel dalam keadaan terkunci. Fungsinya, untuk menunjukkan berbagai macam notifikasi yang masuk. Anda juga dapat mengaktifkan wifi dan Bluetooth dengan layar kedua ini.

 

Dari sisi jeroan, LG V20 menggunakan prosesor terdepan Snapdragon 820 yang dipasangkan dengan RAM 4 GB. Dengan kombinasi keduanya, proses perpindahan antaraplikasi berlangsung halus tanpa lag.

 

Sayangnya, performa baterai yang kurang maksimal membuat LG V20 kurang nyaman dipakai seharian. Dengan kekuatan baterai 3.200 mAh, LG V20 tampaknya tidak dapat menunjang pengguna yang mobile dalam kegiatan sehari-harinya. Hal tersebut mungkin disebabkan dengan layar Quad HD dan sekunder yang cukup menyedot daya.

 

Kekuatan Audio

LG cukup memerhatikan aspek multimedia di LG V20. Terbukti, dengan teknologi Quad DAC yang diklaim mampu memberikan pengalaman audio terbaik. LG V20 juga dibekali dengan headset premium Bang & Olufsen yang akan menambah kualitas sebuah lagu ke level berikutnya.

Untuk menjajal Quad DAC, Anda harus memastikan bahwa headset telah terpasang. Saat Okezone mencoba fitur tersebut, hasil audio yang ditawarkan terbilang lebih meningkat, walaupun tidak dapat dibilang superior.

Perbandingan dengan iPhone 7 Plus

Sebagai sesama ponsel premium, tak heran keduanya memiliki fitur yang hampir serupa. Salah satunya mengenai penggunaan layar ganda yang terletak di bagian belakang. Selain itu, penggunaan chipset 4 inci membuat kedua ponsel ini bersaing dari segi performa.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini