Bocorkan Data Pribadi, Orangtua di Jerman Diminta Musnahkan Boneka Berbicara

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Sabtu 18 Februari 2017 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 18 207 1622067 bocorkan-data-pribadi-orangtua-di-jerman-diminta-musnahkan-boneka-berbicara-q3trvikMZw.jpg Ilustrasi boneka berbicara (Foto: Reuters)

JERMAN - Para orangtua diimbau untuk membuang boneka anak yang bisa berbicara, boneka Cayla, karena berpotensi mengungkap data-data pribadi. Ini diungkapkan sebuah badan pengawas resmi di Jerman seperti dikutip BBC.

Boneka bernama Cayla itu dilengkapi peralatan teknologi pintar yang bisa mengungkap data pribadi, seperti diingatkan oleh Bundesnetzagentur, badan yang mengawasi telekomunikasi di Jerman.

Para peneliti mengatakan, peretas bisa menggunakan peralatan bluetooth yang 'tidak aman' di dalam boneka untuk mendengarkan dan bahkan berbicara dengan anak yang sedang bermain Cayla.

Produsen boneka, Genesis Toys, belum memberi komentar atas peringatan ini.

Sebelumnya, Vivid Toy Group, yang mendistribusikan My Friend Cayla, mengatakan, kasus peretasan hanya sedikit sekali dan dilakukan oleh para tim ahli.

Bagaimanapun, mereka mengatakan bahwa perusahaan sudah menerima informasi tersebut dan melakukan peningkatan atas aplikasi yang digunakan boneka.

Namun para ahli mengingatkan bahwa masalahnya belum teratasi. Boneka Cayla bisa menanggapi pertanyaan dengan mengakses internet. Misalnya, seorang anak bertanya kepada boneka, "Apa nama untuk seekor anak kuda?" maka boneka akan menjawab, "Namanya foal (istilah untuk anak kuda)."

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini