Begini Cara Lapor Banjir ke Situs PetaBencana.id

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 21 Februari 2017 12:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 21 207 1624065 begini-cara-lapor-banjir-ke-situs-petabencana-id-nEGygfbsSv.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Situs PetaBencana milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tak hanya menyajikan informasi terkait bencana banjir di sejumlah kota besar. Anda juga dapat memberikan kontribusi dengan mengirimkan laporan bencana banjir di wilayah Anda.

Berdasarkan pantauan Okezone, Selasa (21/2/2017), berikut cara melaporkan bencana banjir ke situs PetaBencana.id.

Untuk membuat laporan melalui Twitter, tulis tweet dengan tanda pagar (tagar/hashtag) #banjir ke akun @petabencana, tweet Anda akan dibalas oleh akun resmi peta kebencanaan tersebut dengan sebuah link. Link ini akan mengantarkan Anda untuk menginput info banjir, mengunggah foto, serta menjelaskan situasi banjir, dan mengonfirmasi lokasi.

Setelah melalui tahap tersebut, laporan Anda akan tampil pada situs PetaBencana.id secara real time. Anda juga akan mendapat balasan berupa link di akun Twitter Anda jika Anda ingin berbagi informasi banjir ke follower Anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Telegram untuk melaporkan bencana banjir. Caranya, chat ke akun @BencanaBot menggunakan tanda garis miring ‘/banjir’. Selanjutnya, PetaBencana akan membantu Anda mengarahkan untuk melaporkan banjir.

Selain itu, Anda juga dapat melaporkan bencana banjir melalui aplikasi Qlue, Pasang Mata, dan Z-Alert.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini