Sidang Perdana Kasus Monopoli Telkom IndiHome Digelar

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Februari 2017 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 21 207 1624531 sidang-perdana-kasus-monopoli-telkom-indihome-digelar-Nusct1mC2s.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sidang perdana kasus monopoli Telkom IndiHome. Kasus ini telah ramai sejak 2016 dan KPPU telah melalui proses penyelidikan.

Pada Oktober 2016, Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, dalam penyelidikan terdapat setidaknya dua isu yang didalami oleh KPPU. Pertama, dugaan praktik 'tying in' yang dilakukan Telkom, melalui program IndiHome Triple Play yang mewajibkan calon pelanggan harus menggunakan tiga layanan sekaligus telepon, IP TV, dan internet.

Kedua, menurut Syarkawi, dugaan penyalahgunaan posisi dominan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang menguasai pasar jasa fixed line (PSTN).

Dalam sidang perdana, tim investigator mengungkap dalil dugaan, salah satunya perjanjian tertutup, di mana pelanggan berkewajiban membeli produk IndiHome secara sepihak tanpa bisa dihindari oleh konsumen.

Konsumen tidak memiliki pilihan, sehingga perusahaan memiliki posisi tawar yang tinggi, membuat perjanjian berat sebelah. Kemudian, adanya praktek monopoli, di mana konsumen diwajibkan menggunakan tiga layanan jasa sekaligus.

Hal ini dianggap berpotensi menghilangkan peluang bagi pelaku usaha kompetitor dan mematikan hak konsumen untuk memilih layanan sesuai kebutuhannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini