Dugaan Praktik Monopoli IndiHome Masuki Babak Baru

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 22 207 1625573 dugaan-praktik-monopoli-indihome-masuki-babak-baru-UhAYPLToG0.jpg (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Dugaan praktik monopoli yang diduga dilangsungkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk akhirnya memasuki babak persidangan. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) belum lama ini menggelar sidang atas dugaan yang mencuat sejak 2016.

Humas KPPU, Dendy R Sutrisno, kepada Okezone menjelaskan bahwa dalam sidang perdana tersebut, tim investigator dari KPPU mengungkapkan beberapa dugaannya.

Dugaan investigator tersebut yaitu perjanjian tertutup, yaitu perusahaan mewajibkan pelanggan untuk membeli produk IndiHome secara sepihak tanpa kemampuan untuk menghindari produk tersebut. Konsumen tak diberikan pilihan, sehingga perusahaan memiliki posisi tawar yang tinggi dan menjadikan perjanjiannya berat sebelah.

Dugaan kedua yaitu adanya praktik monopoli, yang mewajibkan pelanggan untuk menggunakan tiga layanan IndiHome sekaligus. Cara ini dianggap berpotensi menghilangkan peluang bagi pelaku usaha lainnya yang menawarkan layanan serupa. Hal ini juga mencegah pelanggan untuk menggunakan pilihan jasa lainnya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Sayangnya, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo belum memberikan tanggapan secara rinci saat dihubungi Okezone, Rabu (22/2/2017). Ia hanya memberikan keterangan "Nanti ya, nanti,".

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini