Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Augmented Reality untuk Keselamatan Lalu Lintas

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 27 Februari 2017 13:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 27 207 1629219 teknologi-augmented-reality-untuk-keselamatan-lalu-lintas-hwTsCy3HJI.jpg (Foto: Ubergizmo)

CALIFORNIA - Teknologi Augmented Reality (AI) diharapkan dapat menurunkan tingkat emosi seseorang saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi kepada pengemudi lain tentang kondisi darurat.

Dilansir Ubergizmo, Senin (27/2/2017), aplikasi diciptakan oleh Chao Wang dan timnya di Eindhoven University of Technology. Ia membuat aplikasi AI yang memungkinkan komunikasi antara pengemudi kendaraan.

Misalnya, saat pengguna berada dalam situasi darurat, seperti terburu-buru mengantarkan keluarga yang sakit ke rumah sakit, maka aplikasi ini diperlukan.

Cara kerja aplikasi ini yakni, aplikasi akan mengandalkan kamera smartphone untuk memindai stiker yang didesain khusus dan ditempatkan di kaca jendela belakang mobil. Sehingga, sistem akan memberitahukan semua mobil untuk berpartisipasi.

Keselamatan pengendara diharapkan lebih terjamin karena informasi bisa diketahui oleh pengendara lainnya. Dengan demikian, Anda tidak membuat pengendara lain terkejut saat Anda bergegas menyalip kendaraan.

Ada percobaan yang melibatkan 30 orang simulasi mengemudi dan kabarnya menunjukkan hasil yang positif.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini