Begini Alur Pelaporan Konten Negatif di E-Commerce

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 16:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 28 207 1630360 begini-alur-pelaporan-konten-negatif-di-e-commerce-AkR3QhCCfu.jpg Ilustrasi (foto:Shutterstock)

JAKARTA - Kehadiran Safe Harbor Policy yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah solusi dari pemerintah terkait peredaran konten-konten negatif yang beredar di platform e-commerce. Namun, bagaimana sebenarnya tata cara pelaporan konten negatif?

Pada acara 'Workshop dan Sosialisasi kebijakan Safe Harbor Policy' pihak Kominfo menjelaskan alurnya.

Langkah pertama adalah melaporkan ke penyelenggara platform user generated content (UGC) mengenai konten itu. Laporan tersebut bisa berisikan tautan dan bukti penunjang.

Selanjutnya, pemilik situs UGC akan melakukan verifikasi laporan. Dalam langkah ini, proses pemblokiran konten akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu tergantung dengan jenis konten yang dilaporkan.

Setelah itu, penyelenggara platform akan memberikan notifikasi kepada user/merchant yang diduga terkait dengan laporan tersebut. Namun, pihak merchant dapat melakukan sanggahan disertai bukti yang jelas.

"Semua bisa dilaporkan, kalo pengelola tidak mau take down konten yang bermasalah. Mereka bisa liable," pungkas Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini