Tak Bisa Diakses, Situs Tokopedia, BukaLapak, dan JD Down?

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 01 Maret 2017 19:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 01 207 1631703 tak-bisa-diakes-situs-tokopedia-bukalapak-dan-jd-down-txwpUulvMs.jpg (foto: BukaLapak)

JAKARTA - Tiga situs e-commerce yakni Tokopedia, BukaLapak, dan JD, dilaporkan tidak bisa diakses. Alhasil, para konsumen mengeluh bahwa mereka tidak bisa masuk.

Dari pantauan Okezone, situs Tokopedia tidak bisa diakses dengan alasan maintenance. Diketahui, masalah ini sudah terjadi sejak pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, keluhan yang sama juga ditemukan di Bukalapak dan JD. Keduanya hanya menuliskan bahwa mereka sedang melakukan proses maintenance dan berjanji akan segera kembali.

Menanggapi masalah ini, para perwakilan situs tersebut telah memberikan klarifikasinya kepada Okezone. Menurut mereka, hal ini disebabkan oleh tumbangnya server.

"Saat ini mitra data center kami yang berada di Indonesia sedang mengalami gangguan. Tim Tokopedia dan Tim Mitra Data Center kami sedang bekerja keras untuk bisa kembali melayani para pelanggan. Kami segenap tim memohon maaf atas ketidaknyamanan ini," papar Antonia Adega selaku Public Relation Tokopedia.

"Ini kesalahan teknis. Kan, hosting servernya di Biznet. Mereka sedang down," ujar teddy Arfianto selaku Head of Corporate Communications JD.id saat dihubungi terpisah.

"Kami ingin memberikan klarifikasi bahwa peristiwa tersebut disebabkan oleh permasalahan listrik yang mati total di data center Bukalapak yang ditangani oleh Biznet. Saat ini, tim kami sudah berada di lapangan untuk menanggulangi dan memonitor masalah ini," ujar Ibrahim Arief VP Engineering Bukalapak.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini