Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren, Katak Ternyata Bisa Melihat Warna dalam Gelap

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 05:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 02 56 1632532 keren-katak-ternyata-bisa-melihat-warna-dalam-gelap-8BLEqc9nTT.jpg (Foto: Shutter Stock)

SAN FRANCISCO – Katak dan kodok tampaknya memiliki penglihatan malam yang lebih unggul dibanding hewan lain. Bahkan, katak bisa melihat warna dalam kondisi gelap saat manusia sendiri tak bisa melihat apa-apa.

Kemampuan melihat warna malam hari katak akibat sel khusus di retinanya. Kebanyakan vertebrata memiliki dua jenis sel visual di retina yang disebut batang dan kerucut. Kerucut memungkinkan melihat warna, tetapi memerlukan banyak cahaya, dan berhenti bekerja di cahaya rendah.

Dalam kondisi gelap, batang mengambil alih, jadi manusia masih bisa tampak, namun dalam warna hitam dan putih. Tapi, katak memiliki sel batang dengan dua jenis sensitivitas.

Sayangnya, hal ini belum diamati di vertebrata lain, dan itu alasan peneliti memiliki waktu yang lama karena menduga katak juga bisa melihat warna dalam kondisi cahaya rendah.

"Sangat menakjubkan bahwa hewan ini benar-benar bisa melihat warna dalam kegelapan ektrem ke ambang mutlak sistem visual. Hasil ini tak terduga," kata Professor Almut Kelber, ahli biologi sensorik dari Lund University yang dilaporkan Daily Mail, Kamis (2/3/2017).

Para peneliti menemukannya dari tiga percobaan bisa menggunakan sel-sel batang khusus mereka untuk membedakan warna dalam kegelapan ekstrem. Ini sangat umum bagi katak untuk menemukan dirinya dalam situasi ia terperangkat dalam kondisi gelap gulita.

Misalnya, katak bisa menemukan dirinya di sarang gelap dan lorong-lorong ketika harus mencari jalan keluar dengan cepat. Para peneliti juga mempelajari apakah katak menggunakan pengelihatan warna mereka ketika mencari jodoh atau berburu.

Mereka menemukan bahwa hewan berhenti menggunakan informasi warna cukup mudah ketika mencari seseorang untuk kawin, tetapi mereka terus menggunakan penglihatan warna mereka untuk mencari makanan dalam kondisi rendah cahaya.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini