Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gajah 'Pakai' Smartwatch untuk Menunjukkan Pola Tidur

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 06:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 02 56 1632671 gajah-pakai-smartwatch-untuk-menunjukkan-pola-tidur-R2q2fRo2vW.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Tidak hanya manusia yang menggunakan perangkat wearable untuk menelusuri pola tidur atau kalori dalam tubuh, untuk tujuan penelitian gajah pun diteliti dengan melibatkan perangkat wearable.

Dilansir Engadget, Kamis (2/3/2017), ilmuwan kini menggunakan alat pemonitor untuk mempelajari hewan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui informasi yang lebih baik terkait waktu tidur hewan di malam hari.

Profesor Paul Manger dari Wits University dan timnya menggunakan alat penelusur yang dinamakan Actiwatch. Alat ini dipakai guna mempelajari pola tidur gajah di Botswana.

Kabarnya, peneliti menghilangkan bagian gelangnya, kemudian menyematkan pita listrik dan lilin biologis, kemudian melekatkannya pada belalai. Peneliti mengatakan, belalai merupakan bagian tubuh gajah yang mudah bergerak, sehingga peneliti memerlukan waktu untuk memastikan gajah telah benar-benar tertidur.

Peneliti menemukan bahwa gajah tidur rata-rata selama dua jam per hari. Gajah bisa tidur berdiri dan hanya berbaring sekira satu jam setiap tiga atau empat hari.

Pada saat berbaring, tampaknya ini satu-satunya waktu untuk masuk ke tidur REM (Rapid eye movement), sehingga gajah mungkin tidak bermimpi setiap hari.

Tim juga menemukan bahwa hewan pachyderms seperti gajah bisa tidak tertidur hingga 48 jam ketika terganggu oleh predator atau pemburu. Hewan tersebut juga bisa berjalan sejauh 18 mil untuk menghindari gangguan, mengorbankan tidur malam untuk menghindari bahaya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini