Dibanding DSLR, Ini Kelebihan Mirrorless

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 02 Maret 2017 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 57 1632475 dibanding-dslr-ini-kelebihan-mirrorless-urtdGOcZ15.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Teknologi smartphone tak hentinya berkembang dan memanjakan penggunanya. Namun, kamera juga tak ketinggalan dengan berbgai fitur baru yang diusungnya.

Kamera DSLR sempat digandrungi banyak pengguna, namun beberapa tahun ini muncul kamera dengan jenis mirrorless (tanpa cermin). Kini, para fotografer juga tak sedikit yang beralih ke kamera pesaing DSLR ini.

Selain bentuknya yang ringkas, kamera mirrorless juga memiliki beberapa kelebihan dibanding DSLR. Dikutip dari berbagai sumber, berikut kelebihan kamera mirrorless dibanding DSLR.

Bobot dan ukuran

Bobot kamera menjadi pembeda yang signifikan mirrorless dengan DSLR. Seperti diketahui, kamera DSLR memiliki bobot yang cukup berat bahkan untuk versi low-end. Mirrorless mampu meringkas bobotnya berkat hilangnya cermin yang memantulkan gambar. Kamera ini juga lebih praktis untuk dibawa pengguna dengan bobot yang ringan.

Viewfinder

Teknologi tanpa cermin membantu mirrorless menyuguhkan gambar lebih nyata sesuai dengan apa yang terlihat pada viewfinder. Lain halnya dengan DSLR yang mengharuskan fotografer untuk memprediksi hasil akhir gambar.

Kualitas Video

Mirrorless dibekali dengan chip sensor fokus sehingga kemampuannya cocok untuk merekam video. Sedangkan DSLR tidak dapat mendeteksi fokus saat merekam video dengan akurat sehingga seringkali timbul blur di tengah-tengah video. Mirrorless yang mampu merekam dengan kualitas 4K bahkan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Shooting Speed

Dibanding kamera DSLR high-end, kamera mirrorless memiliki keunggulan dalam menjepret gambar dengan cepat. Hilangnya cermin membuat kamera mirrorless lebih mudah mengambil gambar demi gambar.

Salah satu kamera mirrorless bahkan mampu menjepret gambar 6 fps, sedangkan DSLR hanya 5 fps. Meskipun mirrorless tidak memiliki cermin, kebanyakan dari kamera ini masih menggunakan shutter mekanik untuk menghasilkan gambar yang lebih baik.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini