Ilmuwan Bikin Komputer DNA Terbaru, Apa Hebatnya?

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 57 1632520 ilmuwan-bikin-komputer-dna-terbaru-apa-hebatnya-5lyzv1iSrL.jpg (Foto: ASU)

MANCHESTER - Para ilmuwan di University of Manchester telah mengembangkan jenis baru komputer replika diri yang menggunakan DNA untuk membuat perhitungan. Hal ini menjadi terobosan yang bisa membuat komputasi jauh lebih efisien.

Komputasi dengan DNA pertama kali diusulkan pada 1994 sebagai cara untuk memecahkan masalah lebih cepat dibanding komputer biasa. DNA memiliki sejumlah keunggulan dibanding silikon yang membuatnya ideal untuk pemecahan masalah yaitu bahwa itu sangat kecil dan sangat stabil.

Tapi, keuntungan terbesar dari DNA adalah ia bisa menyalin dirinya sendiri. Dalam istilah komputasi, ini berarti komputer DNA bisa menjalankan nomor acak perhitungan pada saat yang sama, yang sangat penting untuk memecahkan masalah yang kompleks.

Ketika komputer biasa mungkin harus melakukan 1 miliar perhitungan setelah yang lainnya, komputer DNA hanya bisa membuat miliar salinan dari dirinya sendiri dan melakukan semua penghitungan sekaligus.

Para peneliti di University of Manchester mendemonstrasikan fisik pertama dari konsep ini dan mereka berharap komputer DNA bisa digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks lebih cepat dibanding komputer saat ini atau bahkan komputer kuantum masa depan, sebagaimana dilaporkan Popular Mechanics, Jumat (3/3/2017).

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini