Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bidang Ini Jadi Harapan Kemenkominfo Lahirkan Startup di Indonesia

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 03 207 1633669 5-bidang-ini-jadi-harapan-kemenkominfo-lahirkan-startup-di-indonesia-cnacEIHJGX.jpg Start Up. (Foto: Techstory)

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan harapannya agar pertumbuhan startup di Indonesia dapat memenuhi lima bidang yang menjadi fokus utama.

Kelima bidang tersebut ialah pertanian, perikanan, kebudayaan, kesehatan, dan pendidikan. Hal itu diungkapkan Rudiantara saat ditemui Okezone, Kamis 2 Maret 2017, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Saya berharap banyak startup di bidang pertanian, perikanan kebudayaan, kesehatan, dan pendidikan," ungkap pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Ia pun mencontohkan beberapa startup yang kini telah ada di bidang-bidang tersebut seperti Bahaso dan Ruang Guru di bidang pendidikan, serta Halodoc di bidang kesehatan.

Fokus di kelima bidang tersebut memang tergolong penting, pasalnya sebagai negara yang memiliki sekira 40% dari total penduduk di Asia Tenggara, Indonesia memiliki potensi untuk ekonomi digital.

Oleh karena itu, pihak Kemkominfo bersama KIBAR saat ini sedang mewujudkan program Gerakan 1.000 Startup Digital yang diproyeksikan untuk 2020.

Kendati demikian, Rudiantara mengatakan bahwa pemerintah sendiri tidak ingin menonjolkan soal kuantitas startup melainkan kepada kualitas. Dengan demikian, startup jebolan program tersebut diharapkan memiliki produk atau jasa yang bermanfaat bagi masyarakat.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini