Fintech Dianggap Jadi Pesaing Bank Konvensional

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 207 1633678 fintech-dianggap-jadi-pesaing-bank-konvensional-SRAHz0Dod1.jpg (Foto: Beta News)

JAKARTA – Berkembangnya teknologi kian meningkatkan penerapan digital yang kini mulai banyak dipakai di berbagai sektor perekonomian.

Fintech, begitu teknologi itu disebut, merupakan tranformasi digital yang diterapkan dalam melakukan transaksi perbankan. Kendati demikian, kehadiran fintech sendiri dianggap sebagai pesaing baru bagi bank konvensional.

"Saya melihat persaingan sudah berubah. Sekarang bank tidak bersaing dengan bank lainnya, namun dengan fintech yang cenderung baru dirintis," ungkap Direktur Utama Bank Bukopin Glen Genardi, Kamis (2/3/2017).

Oleh karena itu, ia menyarankan agar perbankan yang masih menggunakan sistem konvensional segera bertransformasi ke dalam ekosistem startup dan melakukan sinergi.

"Kalau kita bersinergi, perbankan tradisional akan tinggal nama. Intinya kita harus melihat ke depan," imbuhnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rudiantara yang mengatakan bahwa saat ini telah ada 150 fintech. Sehingga, diperlukan adanya adaptasi dari konsumen perbankan itu sendiri.

"Sekarang ada kurang lebih 150 fintech yang terdaftar. Kalau konsumen banking tidak beradaptasi sudah pasti akan kalah saing," ungkap Rudiantara di kesempatan yang sama.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini