Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajaib, Ilmuwan Berhasil Bikin Embrio Tikus

Dini Listiyani, Jurnalis · Minggu 05 Maret 2017 00:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 04 56 1634089 ajaib-ilmuwan-berhasil-bikin-embrio-tikus-DaaqYedBf2.jpg (Foto: University of Cambridge)

CALIFORNIA - Menurut temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science, para ilmuwan berhasil mengembangkan struktur embrio tikus menggunakan sel induk ditumbuhkan di bawah kondisi laboratorium.

Sel-sel itu kemudian tumbuh menjadi embrio primitif yang memiliki struktur internal yang sama dengan embrio berkembang normal di dalam rahim. Para peneliti berharap mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana embrio itu berkembang sebelum implantasi.

Perkembangan ini menandai kemajuan yang signifikan di dalam perkembangan embrio karena usaha sebelumnya untuk menumbuhkan sel-sel buatan tidak terlalu berhasil. "Saya melihat itu sebagai keajaiban alam serta berusaha untuk memahami proses. Ini sangat indah, kita bisa mulai memahami kekuatan yang menimbulkan organisasi sendiri selama tahap awal pengembangan," kata pemimpin tim Professor Magdalena Zernicka-Goetz.

Embrio dikembangkan dari kombinasi sel-sel tikus rekayasa genetika yang dikenal “master cells” dan perancah 3D yang disebut sebagai extracellular matrix yang nantinya sel-sel bisa tumbuh.

"Embrio dan sel ekstra embrio mulai berkomunikasi satu sama lain dan disusun dalam struktur yang terlihat mirip dan berperilaku seperti embrio," jelas Prof Zernicka-Goetz seperti dikutip Express.co.uk, Minggu (5/3/2017).

Penelitian ini pada akhirnya bisa berguna dalam pemahaman keguguran dan kemandulan perlu dilakukan pada sel manusia. Satu dari enam kehamilan berakhir dengan keguguran, meskipun belum ada jawaban yang jelas bagaimana ini terjadi.

"Jika kita bisa menerjemahkan pengetahuan ke dalam manusia itu akan sangat kuat untuk memahami perkembangan kita sendiri pada tahap ketika banyak nyawa manusia hilang," katanya.

Namun para peneliti mengatakan, meskipun embrio buatan mirip dengan alami, embrio tidak mungkin berkembang ke janin tikus yang sehat. Hal ini akan memerlukan kantung kuning telur yang menyediakan makanan bagi embrio tempat pembuluh darah berkembang.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini