2021, Indonesia Bakal Punya Satelit Khusus Internet

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 07 Maret 2017 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 07 207 1636177 2021-indonesia-bakal-punya-satelit-khusus-internet-IUzbWeh0Bn.jpg (Foto: Ars Technica)

JAKARTA – Pada 2021, pemerintah akan meluncurkan satelit khusus internet untuk memenuhi kebutuhan jaringan pada instansi milik pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

"(Pada) 2021 pemerintah akan meluncurkan membangun satelit sendiri, satelitnya bukan satelit model yang sekarang, satelit khusus internet," kata Rudiantara.

Ia menjelaskan bahwa proyek satelit ini, pengadaannya akan dimulai pertengahan 2017. Namun, pembangunan satelit ini akan menggandeng pihak swasta, karena tidak sepenuhnya didanai oleh pemerintah seperti proyek Palapa Ring.

"Ya pertengahan semester kedua diproses pengadaannya, karena kita distruktur dengan PPP, nanti kita tetapkan yang membangun, meluncurkan, mengoperasikan, nanti setelah mulai beroperasi kita mulai bayar ke operatornya," terang Menteri yang kerap disapa Chief RA tersebut.

Proses pembukaan tender sendiri akan berlangsung pertengahan 2018. Perusahaan operator yang memenangkan tender bertanggung jawab membangun, meluncurkan, dan mengoperasikan satelit khusus internet tersebut.

Ia juga menegaskan bahwa satelit khusus internet ini milik pemerintah dan ditujukan bagi instansi pemerintah seperti sekolah, puskesmas, dan kantor pemerintah daerah.

"Punya pemerintah dipakai pemerintah, untuk sekolah, puskesmas, pemerintah daerah," pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini