Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Machine Learning untuk Pertumbuhan Bisnis Indonesia

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 08 Maret 2017 15:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 08 207 1637390 tren-machine-learning-untuk-pertumbuhan-bisnis-indonesia-6ZBpSxCWxK.jpg (Foto: Springboard)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia saat ini sedang menjalankan roadmap e-commerce hingga 2020 untuk memajukan ekonomi Tanah Air. Untuk memberikan pengetahuan digital ekonomi untuk para pelaku bisnis Indonesia, CTI IT Infrastructure Summit 2017 diselenggarakan oleh PT Computrade Technology International (CTI Group) di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta Pusat.

Pada tahun keempat penyelenggaraannya, konferensi kali ini mengangkat tema mesin pembelajaran atau machine learning untuk mengapitalisasikan bisnis digital.

Direktur CTI Group Rachmat Gunawan menilai bahwa machine learning sangat penting untuk meningkatkan value sebuah perusahaan atau organisasi. Mesin pembelajaran dapat bekerja mulai dari hal sederhana seperti menerjemahkan konten, mencegah cyber attack dan fraud hingga meningkatkan harapan hidup masyarakat. Untuk itu, profesional bisnis diharapkan dapat belajar bagaimana mengadopsi mesin ini dengan tepat untuk menyingkap peluang.

Sementara itu, Ir. Herry Abdul Azis, M.Eng, SAM Bidang Teknologi Kominfo, menyatakan bahwa Pemerintah juga telah membangun infrastruktur serta program yang berkaitan untuk mempercepat digital ekonomi Indonesia. Program infrastruktur yang digalakkan adalah Palapa Ring sementara program lain seperti 1000 startup hingga domain .id juga disiapkan untuk menuju Indonesia berdaya ekonomi digital kuat.

"Sasaran Palapa ring 497 kabupaten/ kota di 2019 sekarang sudah 114 kalau tidak salah. Ini bisa menimbulkan bisnis-bisnis baru bila kota-kota ini terhubung satu sama lain," tambahnya.

Sementara itu, machine learning sendiri sekarang telah digunakan beberapa korporasi dan organisasi di Indonesia. Diharapkan dengan semakin meningkatnya infrastruktur, teknologi dan penggunaan mesin learning untuk menyokong bisnis digital akan semakin baik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini