PN Jakarta Pusat Menangkan Internux soal Frekuensi 2,3 GHz

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 08 Maret 2017, 12:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 08 54 1637206 pn-jakarta-pusat-menangkan-internux-soal-frekuensi-2-3-ghz-4W3BPWWEWT.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah lama terkatung-katung, kasus PT Internux akhirnya menemui titik terang. Melalui putusan pengadilan nomor perkara 178/Pdt.G/2016/PN JKT.PST, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) memenangkan gugatan PT Internux kepada Kominfo.

Seperti Okezone sitat dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakpus, pengadilan memutuskan bahwa Kominfo melanggar Undang-Undang No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

"Karena lalai dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pemenang seleksi pita frekuensi 2,3 GHz," bunyi pernyataan pengadilan.

Selain itu, pengadilan juga meminta tergugat untuk mengembalikan izin penggunaan 2,3 GHz yang berskala nasional. Mereka juga meminta Kominfo untuk menyediakan layanan suara, penomoran, dan kode akses.

"Menghukum tergugat untuk memberikan izin penggunaan frekuensi selebar 30 MHz pada pita frekuensi radio 2.3 GHz dengan cakupan skala Nasional kepada penggugat," lanjut pernyataan tersebut.

Sekadar informasi, saat ini pemerintah tengah mengkaji proses lelang frekuensi 2,3 GHz, dari total 90 MHz di spektrum itu tersedia 30 MHz yang masih bisa diperebutkan.

Menanggapi hasil pengadilan tersebut, Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) I Ketut Prihadi, mengatakan bahwa proses pelelangan akan terus berjalan selama belum ada perintah pengadilan.


 
"Sepanjang tidak ada putusan pengadilan untuk menghentikan lelang, kita jalan terus," ujarnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini