Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Iklan di Perangkat Mobile Alami Peningkatan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017 14:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 13 207 1641432 pasar-iklan-di-perangkat-mobile-alami-peningkatan-aHdqTVj4Zt.jpg (Foto: Online Marketeers)

JAKARTA - Sejak beralihnya penggunaan perangkat mobile dari PC atau desktop, segala kegiatan masyarakat mulai dari bersosialisasi, perbankan, perencanaan perjalanan, bahkan membeli makanan pun kini telah banyak dilakukan melalui perangkat mobile.

Hal itu turut pula mendongkrak peningkatan pasar iklan di perangkat mobile, khususnya di Indonesia. Setidaknya hal itulah yang diungkap dalam data dari jaringan InMobi yang dikutip dari Tech In Asia, Senin (13/3/2017). Berikut data yang dipaparkan oleh perusahaan pengiklanan mobile tersebut.

Peningkatan Iklan Video

Berdasarkan data, InMobi melihat pertumbuhan konsumsi iklan video oleh pengguna Indonesia sebesar 381% pada 2016. Sedangkan dalam hal total belanja iklan, pertumbuhan meningkat secara siginifikan sebesar 744%. Hal ini tentunya dapat memberikan keuntungan bagi pengiklan di Indonesia.

Pemasaran Berdasarkan Lokasi

Menurut BIA/Kelsey ledakan jumlah pengguna smartphone akan mendorong pendapatan iklan dalam perangkat seluler berdasarkan target lokasi. Diperkirakan basis pemasaran tersebut akan memiliki nilai penghasilan hingga USD18 miliar pada 2019.

Pemanfaatan Teknologi di Perangkat Mobile

Semakin canggihnya perangkat smartphone turut pula dapat dimanfaatkan oleh pemilik merek untuk membuat iklan yang dapat memberikan pengalaman yang lebih mendalam seperti pemanfaatan teknologi virtual reality. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan kontekstual.

Selain ketiga faktor di atas, faktor lain yang juga memengaruhi peningkatan pasar iklan mobile ialah adanya integrasi antara perangkat mobile dengan TV. Dibandingkan hanya dengan menggunakan perangkat TV, integrasi keduanya diketahui dapat memberikan matrik kampanye yang lebih tinggi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini