Baru Diluncurkan, Nintendo Switch Sudah Dibobol

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017, 20:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 13 326 1641803 baru-diluncurkan-nintendo-switch-sudah-dibobol-Z1CFEkfkAz.jpg Foto: Slash Gear

TOKYO – Jika Anda memiliki perangkat canggih, peretas pada umumnya membuka diri untuk menjajal seberapa kuat pertahanan perangkat tersebut. Sayangnya, Nintendo Switch sudah teretas bahkan setelah beberapa pekan diluncurkan ke pasaran.

Sedikit lebih dari seminggu sejak diluncurkan, iOS jailbreaker terkenal yakni Qwertyoruiop telah mengungkapkan ia menemukan cara dalam Switch. Apple membantu untuk menanggulangi peretasan itu.

Ternyata meskipun tidak memiliki web browser yang sebenarnya tersedia untuk pengguna, Switch masih memiliki pandangan browser web yang diperlukan untuk melakukan login captive portal. Anda tahu, orang-orang login yang diperlukan di beberapa hotspot publik atau hotel. Untuk itu, Switch memasukkan mesin WebKit Apple, mesin dengan open source yang menenagai Safari pada Mac dan iOS.

Masalahnya, Switch menggunakan versi tua mesin pencari yang setara dengan iOS 9.3. Versi itu diketahui memiliki kerentanan yang memungkinkan malware Pegasus yang merajalela di iPhone. Apple kemudian merilis patch iOS 9.3.5 namun entah mengapa Nintendo tetap memilih menggunakan versi yang lebih tua.

Qwertyoruiop telah memiliki pengalaman itu dengan iOS 9.3 WebKit browser yang sebelumnya tidak terlalu sulit untuk dimodifikasi dan dieksploitasi, dan membuatnya bisa membobol Switch. Dia tidak memberikan bukti dari konsep atau rilis, tapi LiveOverflow membuat Showin video yang agak rinci dan menjelaskan bagaimana eksploitasi itu berhasil dalam video di bawah ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini