Setahun Lebih Kerjasama, Apa Kabar Perkembangan Google Loon di Indonesia?

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 14 207 1642499 setahun-lebih-kerjasama-apa-kabar-perkembangan-google-loon-di-indonesia-iu6txDnIGx.jpg Foto: Bloomberg

JAKARTA – Pada Oktober 2015, induk perusahaan Google yakni Alphabet dan tiga operator Indonesia sepakat bekerja sama untuk memberikan akses internet di Tanah Air melalui balon berkekuatan surya Project Loon. Namun setelah lebih dari setahun kesepakatan itu ditandatangani, bagaimana kabarnya?

Saat berbincang singkat dengan Okezone, Selasa (14/3/2017), General Manager Corporate Communication XL Tri Wahyuningsih mengungkapkan bahwa belum ada perkembangan lebih lanjut untuk proyek Google Loon. Setelah pertemuan dan persetujuan di Silicon Valley, terjadi beberapa diskusi, namun masih proses perizinan.

“Sampai saat ini belum ada perkembangan baru tentang Google Loon, masih sama. Sama seperti yang diberitakan setelah tanda tangan sudah ada beberapa lanjutan diskusi dan uji coba teknis di lab. Tapi untuk uji coba secara live sampai saat ini masih dalam proses perizinan dan lain-lain,” papar perempuan yang lebih akrab disapa Ayu ini.

Sayangnya, hambatan tersebut juga masih macet di antara Google dan pemerintah. Ketika ditanyai apabila proyek ini dibatalkan, XL mengaku akan mengikuti arahan pemerintah.

Sekadar informasi, uji teknis yang seharusnya dimulai pada 2016 gagal terjadi karena Google mengalami beberapa sandungan, mulai dari perizinan sampai teknis. Padahal rencananya, Loon digunakan untuk memberikan akses untuk wilayah rural Indonesia, termasuk di Indonesia Timur.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini