Project Loon Tak Kunjung Mengudara, Ini Tanggapan Operator

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 14 207 1642576 project-loon-tak-kunjung-mengudara-ini-tanggapan-operator-Gzf77OMXZC.jpg Foto: Vosizneias

JAKARTA – Project Google Loon seharusnya telah mengudara pada 2016. Namun hingga bulan ketiga pada 2017, tidak ada kabar dari balon Google tersebut.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooredoo Alexander Rusli ketika dihubungi Okezone, Selasa (14/3/2017). Bahkan setelah berganti kepemimpinan di bawah Alastair Westgarth, Alex mengatakan masih belum ada perkembangan terbaru dari Silicon Valley.

Mangkraknya proyek ini di Indonesia memang sudah sejak lama. Tiga operator Indonesia menandatangani kesepakatan dengan Alphabet pada Oktober 2015. Sayangnya, tidak ada perkembangan lagi karena Loon belum juga mendapat izin terbang di Tanah Air.

Hampir sejalan dengan XL Axiata yang akan mengikuti arahan pemerintah mengenai Loon, Indosat Ooredoo juga lebih memilih untuk menunggu perkembangan dibanding melakukan pendekatan tertentu baik pada pemerintah atau Google.

“Karena teknologi masih R&D, kami tunggu aja,” terang Alex.

Sebelumnya, General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, juga menjelaskan bahwa perkembangan terakhir yang terjadi antara para operator dengan pihak Google adalah beberapa lanjutan diskusi dan uji coba teknis di lab.

“Tapi untuk uji coba secara live sampai saat ini masih dalam proses perizinan dan lain-lain,” terang perempuan yang lebih akrab disapa Ayu ini pada Okezone, Selasa (14/3/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini