Wahana Antariksa India yang Hilang Ditemukan NASA

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017, 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 14 56 1642777 wahana-antariksa-india-yang-hilang-ditemukan-nasa-8HBW0gAlTI.jpg (foto: Brahmand)

CALIFORNIA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja membuat sejarah. NASA akhirnya menemukan wahana bulan India yang telah lama hilang, Chandrayaan.

Seperti dinukil dari laman Engadget, Selasa (14/3/2017), Chandrayaan terlihat berukuran mungil, dengan ukuran 5 kaki dari semua sisinya. Hal tersebut juga menjadikannya target yang sempurna untuk eksperimen radar yang dibangun oleh tim peneliti dari Jet Propulsion Laboratory.

Sekadar informasi, India sendiri kehilangan pengorbitan bulan tersebut pada 2009. Namun sekarang, pengorbitan tersebut sudah ditemukan NASA di lokasinya.

Sejak Chandrayaan hilang, tim mengirimkan seberkas cahaya dengan kemampuan yang besar ke beberapa tempat di atas kutub. Mereka menggunakan antena dengan ukuran 230 kaki pada NASA’s Goldstone Deep Space Communication Complex di California. Namun, teleskop berukuran 330 kaki di Virginia Barat mendeteksi radar yang bangkit kembali.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini