Perubahan Iklim Dinilai Akibat Aktivitas Manusia

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017, 22:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 14 56 1642794 perubahan-iklim-dinilai-akibat-aktivitas-manusia-k93DvEfbIr.jpg (Foto: New Scientist)

LONDON – Lebih dari 100% pemanasan global dalam seabad terakhir terjadi karena aktivitas manusia. Pasalnya, planet kemungkinan menjadi lebih dingin jika tanpa kehadiran manusia. Ini dikarenakan adanya emisi vulkanis serta orbit yang terus berubah.

Mengutip dari New Scientist, Selasa (14/3/2017), kurang dari setengah orang di Inggris yakni 43%, Jerman sebesar 49%, dan Norwegia 34% menganggap perubahan iklim ini memang disebabkan oleh aktivitas manusia. Data tersebut didapatkan dari survei pada opini publik.

Kemudian hanya sedikit orang yang menganggap perubahan iklim ini disebabkan oleh alam. Hanya sekira tiga dari empat negara tersebut yang berpikir bahwa lebih dari 80% peneliti akan setuju dengan pernyataan tersebut.

Survei yang dilakukan oleh 1.000 orang di empat negara pada Juni 2016, tidak menunjukkan mengapa hanya kaum minoritas yang tahu tentang fakta mendasar, tapi pendanaan pada kampanye fosil tetap dijalankan.

“Ini tentu akan menjadi hal yang sulit untuk pesan yang ingin disebarkan,” ungkap Nick Pidgeon dari Cardiff University, Inggris.

Berita bagusnya adalah sebayak 80% lebih orang di negara tersebut setuju jika iklim telah berubah, dan 60% berpikir bahwa mereka telah merasakan dampaknya. Bahkan lebih baiknya lagi, mereka berpendapat perlu adanya dukungan terhadap perubahan iklim itu.

Bagaimanapun, nuklir bukan menjadi pilihan yang populer, khususnya di Jerman dan Norwegia. Bahkan, 40% berpikir sebaliknya. Beberapa peneliti berpikir kekuatan nuklir sangat penting untuk membantu mengurangi emisi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini