Ini Jenis-Jenis Perangkat Wearable Beserta Fungsinya

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 15 207 1643770 ini-jenis-jenis-perangkat-wearable-beserta-fungsinya-mn8kMxe7CJ.jpg (foto: Tech Crunch)

JAKARTA - Perangkat wearable kini menjadi tren yang cukup digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Pasalnya, perangkat wearable kini juga semakin murah harganya.

Dari mulai jam tangan hingga gelang pintar menjadi pilihan para vendor untuk membuat perangkat wearable.Apa saja jenis-jenis dari perangkat yang dimaksud? Berikut penjelasannya yang Okezone rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/3/2017).

Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Proses komputerisasi jam tangan menjadi smartwatch ini dimulai pada 2013, di mana saat itu Samsung memperkenalkan perangkat bernama Samsung Gear. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, perangkat ini merupakan pelengkap dari smartphone untuk memeriksa beragam notifikasi seperti e-mail, cuaca, atau agenda.

Semua kemampuan yang dimiliki oleh perangkat ini tak lepas dari penerapan sistem operasi yang ada di dalamnya. Selain itu, ia juga turut didukung oleh komponen lain seperti memori internal, chip prosesor, dan lain-lain.

Gelang Kesehatan

Sebagaimana namanya, gelang ini bisa digunakan untuk memonitor kesehatan pemiliknya. Dengan menanamkan sebuah sensor, gelang kesehatan mampu menghitung langkah kaki seseorang dan denyut jantung selama beraktivitas. Selain itu, ia juga telah dilengkapi oleh sistem yang dapat terintegrasi dengan smartphone untuk memonitor hal tersebut.

Sepatu dan Jaket Pintar

Selain dalam bentuk perangkat, teknologi juga digunakan pada pakaian sehari-hari seperti sepatu dan jaket. Baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan sepatu pintar yang diberi nama ‘90 Minutes Ultra Smart Sportswear’. Sepatu tersebut dibekali sensor milik Intel untuk menghitung langkah kaki penggunanya.

Ada pula jaket pintar hasil rancangan Google dengan merek jins terkemuka. Jaket pintar bernama Commuter Trucker tersebut memiliki sebuah layar yang dapat merespons saat diketuk ataupun diusap. Fungsi dari layar itu antara lain mengaktifkan beragam aplikasi di smartphone seperti musik atau menjawab panggilan telefon.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini