Youtube Sembunyikan Video LGBT di 'Mode Terbatas'

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 19:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 207 1647643 youtube-sembunyikan-video-lgbt-di-mode-terbatas-2aoDz8FKYB.jpg Foto: Independent

MOUNTAIN VIEW – Youtube mengakui telah menyembunyikan beberapa video dengan konten berbau LGBT. Situs berbagi video tersebut menawarkan mode terbatas yang bertujuan membatasi konten yang berpotensi ditolak pengguna. Konten LGBT dimasukkan ke mode tersebut.

Meski keputusan Google terdengar normal di telinga pengguna Youtube Indonesia, Youtubers Amerika memprotesnya. Menurut mereka, Youtube keterlaluan dalam menyembunyikan konten LGBT bahkan yang menurut mereka tidak berbahaya.

Youtube kemudian mengakui bahwa video tersebut memang disembunyikan untuk memastikan pengguna tidak melihat video yang membawa isu yang lebih sensitif.

"Tujuan dari Mode Terbatas adalah untuk menyaring konten dewasa untuk subset kecil pengguna yang menginginkan pengalaman yang lebih terbatas,” demikian keterangan Youtube.

Namun sebenarnya, tidak hanya video LGBT yang ‘dikurung’ Google dalam mode tersebut. Beberapa konten lainnya yang berada di sana termasuk yang berbau kesehatan, politik, dan seksualitas. Independent menyebut bahwa tidak sedikit dari video di mode tersebut sebenarnya tidak eksplisit.

Sementara itu, patut diketahui bahwa Mode Terbatas adalah cara Youtube melindungi anak-anak dan keluarga dari konten yang berpotensi bermasalah. Mereka memberikan batasan atau saringan pada video dengan fitur community flagging hingga age-restrictions.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini