Share

Persaingan Kian Sengit, Pelayanan Jadi Kunci Sukses Ojek Online

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 22 Maret 2017 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 207 1649362 persaingan-kian-sengit-pelayanan-jadi-kunci-sukses-ojek-online-0b2pPWjUhv.jpg (Foto: The Independent)

JAKARTA - Semakin banyak penyedia jasa transportasi online khususnya ojek, turut pula memperketat persaingan di bisnis tersebut. Saat ini telah ada tiga perusahaan yang menyediakan jasanya di Indonesia yaki Go-Jek, Grab, dan Uber.

Ketiga layanan transportasi online tersebut bersaing untuk mendapatkan konsumen dan pengemudi. Pasalnya, semakin banyak tersedia pengemudi, maka ketersediaan layanan pun akan semakin mudah.

Dalam paparan pengamat teknologi, Heru Sutadi, jika penyedia layanan tidak memberikan pelayanan yang prima, maka para pengguna akan berpindah ke aplikasi lainnya.

"Kesulitan mendapatkan armada ojek, membuat orang mengganti dengan ojek online lain. Jika layanan cenderung kelamaan, aplikasinya akan dihapus oleh pengguna," ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa komponen kunci yang membuat pemain ojek online dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat. Salah satunya mengenai kejelian melihat pasar yang belum tergarap.

"Nah itu, harus cari pasar yang belum dijamah ojek aplikasi. Pasar dinamis jadi jangan terlalu jemawa," tutupnya.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini