Alquran dan Sains Jelaskan Fakta Gunung Berapi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 23 Maret 2017 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 56 1649411 alquran-dan-sains-jelaskan-fakta-gunung-berapi-8D6BESZNyD.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sains modern menemukan bahwa kerak bumi terdiri dari banyak lempengan litosfer yang memiliki ketebalan bervariasi. Ketebalannya antara 5 kilometer sampai 100 kilometer.

Lempengan-lempengan ini mengambang di atas bagian Bumi yang lembek, yaitu lapisan astenofer. Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, ketebalan kerak Bumi di bawah lautan sekira 5 kilometer.

Sedangkan ketebalan kerak Bumi di bawah permukaan kerak kontinental tebalnya sekira 35 kilometer dan di bawah pegunungan besar ketebalan kerak bumi mencapai 80 kilometer.

Ilmuwan geologi mengungkapkan bahwa bagian akar gunung menancap dengan kuat di dalam tanah. Hal ini menjadikan gunung menjadi kukuh karena memiliki pondasi yang kuat dan mencengkeram.

Fakta kukuhnya gunung yang diungkap oleh sains modern ternyata juga sudah dijelaskan di dalam Alquran. "Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh," bunyi Surah An Naziā€™at Ayat 32.

Bukti ilmiah yang menyebabkan gunung-gunung menjadi kukuh karena akarnya menancap di dalam kerak Bumi. Saking kukuhnya, gunung pun mempunyai peran penting dalam menjaga kerak bumi agar tidak terguncang.

Hal ini seperti yang disebutkan dalam salah satu ayat Alquran. "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk," Surah An Nahl Ayat 15.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini