Alquran dan Sains Jelaskan Khasiat Madu untuk Pengobatan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 28 Maret 2017 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 27 56 1652465 alquran-dan-sains-jelaskan-khasiat-madu-untuk-pengobatan-u3Pui65kcz.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Lebah mampu memproses sari dari berbagai jenis bunga dan buah lalu menghasilkan madu dalam tubuhnya yang disimpan dalam sel-sel lilin. Pada masa lalu, hanya beberapa orang saja yang mengetahui bahwa madu berasal dari perut lebah.

Akan tetapi, fakta bahwa madu berasal dari perut lebah sudah disebutkan dalam salah satu ayat Alquran. "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan," Surah An Nahl Ayat 69.

Disebutkan dalam ayat tersebut bahwa madu bisa digunakan sebagai obat yang menyembuhkan. Madu memiliki khasiat penyembuhan dan juga antiseptik ringan. Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan disebutkan, pada Perang Dunia II orang-orang Rusia menggunakan madu untuk menyembuhkan luka-luka mereka.

Luka yang diobati dengan madu segera sembuh dengan meninggalkan sedikit bekas. Dikarenakan kepadatan massa jenis madu, maka tidak akan ada jamur atau bakteri yang tumbuh pada luka tersebut.

Fakta mengungkap bahwa madu kaya akan fruktosa dan vitamin K. Dengan demikian, pengetahuan yang terkandung dalam Alquran tentang madu, asal usul, dan sifatnya terbukti benar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini