Share

Situs 'Sedikit Nakal, Banyak Akal' Resmi Ditutup

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 28 Maret 2017 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 28 207 1652856 situs-sedikit-nakal-banyak-akal-resmi-ditutup-mesJhyzorJ.jpg Tampilan situs Mojok.co setelah ditutup. (Foto: Okezone)

JAKARTA - 'Sedikit Nakal, Banyak Akal' demikian slogan yang dipakai oleh salah satu situs opini publik bernama Mojok.co. Situs yang berbasis di Yogyakarta tersebut hari ini, Selasa (28/3/2017), resmi ditutup setelah 2,5 tahun menyajikan beragam opini publik dengan gaya tulisannya yang khas, usil, nyentrik, dan terkadang menggelitik.

Penutupan Mojok.co sendiri pertama kali diumumkan pada 28 Februari 2017. Melalui akun Facebook pribadinya, Puthut EA, orang yang kerap disebut sebagai Kepala Suku di Mojok.co (Pimpinan Redaksi), mengumumkan bahwa situs tersebut akan ditutup pada 28 Maret 2017 atau hari ini.

"Tanggal 28 Maret nanti (sebulan lagi), Mojok akan kami matikan (shut down). Kami merasa Mojok sudah memenuhi cukup syarat untuk ditutup. Selama 2,5 tahun, Mojok sudah berusaha mengambil ruang kecil di sebuah sudut gelap literasi kita. Soal apakah berhasil atau tidak, saya kira itu bukan urusan dan bukan penilaian kru Mojok," tulisnya di kolom status.

Puthut tak menjelaskan perihal penutupan situs Mojok.co secara terang-terangan kepada publik. Bahkan dalam artikel terakhirnya yang berjudul 'Rahasia Kenapa Mojok Harus Ditutup' pun ia tak mau memberikan kejelasan mengenai alasan kenapa situs tersebut ditutup.

Dalam unggahannya di Facebook saat mengumumkan penutupan, ia hanya menulis "Mojok didirikan dengan kegembiraan dan akan diakhiri dengan cara yang sama."

Dalam beberapa hari terakhir, situs tersebut juga mengunggah artikel bertema perpisahan. Salah satunya datang dari tim Redaktur Mojok.co, Agus Mulyadi. Artikel berjudul 'Mojok Adalah Diri Saya yang Lain' menceritakan sedikit pengalaman Agus saat bergabung menjadi penulis di Mojok.co hingga menjadi tim Redaktur.

"Boleh dibilang, saya mendapatkan banyak hal dari Mojok. Uang, pengalaman, pacar, bahkan ketenaran (uhuk). Ini yang membuat saya selalu merasa bahwa Mojok adalah diri saya yang lain," tulisnya dalam artikel yang dipublikasikan 26 Maret 2017 tersebut.

Saat ini alamat Mojok.co sudah tak bisa diakses kembali. Halaman tersebut kini menampilkan latar berwarna hitam disertai tulisan warna-warni "Mojok: Dimulai dengan Gembira, Diakhiri dengan Bangga". Di Twitter, tagar #MojokBubar juga banyak dikicaukan oleh warga internet hingga menjadi trending topic hari ini.

Padahal sejak berdiri 28 Agustus 2014, Mojok.co diketahui telah memiliki lebih dari 200 orang penulis, 800 artikel, dan 300.000 pembaca bulanan. Total pengunjung per bulannya bahkan menyentuh angka 2.000.000 pageview disertai puluhan ribu pengikut di Facebook dan Twitter.​

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini