Ilmuwan Temukan Cara Memproduksi Darah Buatan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 00:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 28 56 1652974 ilmuwan-temukan-cara-memproduksi-darah-buatan-9E5WZsV2t8.jpg Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

LONDON - Kebutuhan untuk donasi darah tiada henti dan bila stok kantung darah langka, maka bisa menjadi permasalahan tersendiri. Untuk itu, ilmuwan mencari cara untuk menciptakan darah buatan.

Dilansir Gizmodo, Selasa (28/3/2017), ilmuwan bekerja di University of Bristol dan NHS Blood and Transplant serta mempublikasikan riset mereka di jurnal Nature. Mereka mengungkap teknik menciptakan darah buatan dengan 'mengabadikan' sel induk pada tahap awal.

Sebelumnya, riset bisa mempersatukan darah dengan cara mengisolasi tipe sel induk yang memproduksi sel darah merah di laboratorium. Sayangnya, sel induk cenderung menjadi habis ketika mereka menghasilkan sekira 50 ribu sel darah merah.

Rata-rata satu kantung darah mengandung satu triliun sel darah merah, sehingga membuat teknk ini tidak layak diaplikasikan ke dunia nyata. Namun, melalui proses yang rumit, para peneliti menemukan cara untuk menghasilkan sel darah merah tanpa batas.

Proses ini mahal dan saat ini belum bisa memecahkan masalah kekurangan suplai darah di dunia. Tim hanya mampu memproduksi sejumlah kecil dari produk mereka.

"Tujuannya bukan untuk menggantikan donor darah tetapi memberikan pengobatan spesialis untuk kelompok pasien tertentu," kata Dr. Dave Anstee, Director of NIHR Blood and Transplant Research Unit di Bristol dan NHS.

Menurutnya, pasien yang memperoleh manfaat dari terobosan ini ialah mereka dalam keadaan kompleks seperti penyakit sel sabit (sickle cell) dan talasemia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini