Desain Runway Melingkar di Bandara Siap Diaplikasikan

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 28 56 1652985 desain-runway-melingkar-di-bandara-siap-diaplikasikan-whKZTel4yh.jpg (foto : Onera)

AMSTERDAM - Dengan keterbatasan landasan di bandara, pesawat biasanya melakukan lepas landas secara bergantian. untuk mengatasi hal tersebut, seorang ilmuwan Belanda menawarkan ide unik.

‘Landasan pacu tak berujung’ adalah sebuah konsep bandara baru dari ilmuwan Belanda Henk Hesselink. Konsep itu terdiri dari landasan pacu melingkar sepanjang 3,5 km.

Dengan ide yang ditawarkan Hesselink, tiga pesawat dapat melakukan lepas landas dan mendarat dalam waktu yang bersamaan. Konsep ini dapat digunakan secara independen untuk mengubah kecepatan dan arah angin.

Hesselink berharap agar konsep ini dapat mencegah pendaratan kasar yang terjadi saat angin sedang bertiup kencang. Landasan pacu melingkar juga dapat mencegah pilot berbalik arah.

Hesselink juga percaya bahwa dengan membuat landasan pacu berbentuk cincin dapat memiliki dampak lingkungan yang positif karena pesawat akan membakar lebih sedikit bahan bakar. Demikian seperti dikutip dari Design Boom, Rabu (29/3/2017).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini