Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asisten Virtual: Begini Cara Kerja Teknologi Perintah Suara

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017 17:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 31 207 1655796 asisten-virtual-begini-cara-kerja-teknologi-perintah-suara-JIkGa2GUfb.jpg Ilustrasi (foto:Flickr)

NEW DELHI- Dewasa ini, metode perintah suara mulai banyak digunakan oleh pengguna dalam mengelola smartphone, namun tahukah Anda cara kerja dari teknologi ini?

Seperti dijelaskan oleh DNA India, Jumat (31/3/2017), asisten virtual pribadi merupakan teknologi yang berbasis kecerdasan buatan (AI). Biasanya, teknologi ini menggunakan mikrofon smartphone pengguna.

Satu hal yang menarik mengenai teknologi ini adalah sinergi yang terjadi antar software di smartphone. Ketika asisten virtual bekerja, beberapa teknologi seperti pengenalan suara, analisis bahasa, dan pengolahan bahasa alami juga ikut aktif.

Ketika pengguna meminta asisten pribadi cerdas untuk melakukan tugas, kecerdasan buatan akan mengonversi bahasa lisan pengguna menjadi data yang dapat dianalisis.

Proses selanjutnya, data akan dibandingkan dengan riwayat permintaan untuk merumuskan respons yang sesuai berdasarkan informasi dari database perangkat lunak yang biasanya terdapat di jaringan server di awan. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan AI asisten tidak dapat bekerja tanpa koneksi internet yang handal.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini