Jaringan Data Dominasi Pendapatan Operator Tanah Air

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017, 15:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 31 54 1655637 jaringan-data-dominasi-pendapatan-operator-tanah-air-XBVWcOg54L.jpeg (Foto: Lely Maulida/Okezone)

JAKARTA – Pada 2017, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memutuskan untuk memfokuskan diri bertransformasi menuju perusahaan layanan digital. Melalui langkah ini, XL akan meningkatkan pengembangan jaringan data dan segmentasi yang terfokus.

Langkah ini diputuskan oleh XL sebab penggunaan layanan telekomunikasi kini didominasi oleh data, bukan lagi telefon dan SMS. Berdasarkan data pengguna XL, 53 persen pendapatan XL diperoleh dari penggunaan jaringan data.

Data tersebut menunjukkan pergeseran perilaku pengguna jaringan telekomunikasi yang lebih sering menggunakan data.

“Kami memahami perubahan perilaku pelanggan dalam berkomunikasi. Dari semula menggunakan telefon dan SMS, kini menggunakan layanan data untuk berkomunikasi. Dari berbagai data dan analisa informasi yang ada, kami yakin pertumbuhan di masa mendatang hanya akan datang dari bisnis layanan data dan layanan digital,” kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini di Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Dian juga menerangkan bahwa peralihan perilaku pengguna dalam berkomunikasi menjadi fondasi transformasi XL untuk menjadi perusahaan layanan digital.

“2016 itu masa transisi dari layanan tradisional ke data. Kami memilih langkah yang lebih cepat untuk mengakselerasi perubahan tersebut untuk meningkatkan layanan data,” pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini