TOP TECHNO: Pemindai Wajah Galaxy S8 Ternyata Bisa Dibobol

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 03 April 2017, 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 02 57 1656945 top-techno-pemindai-wajah-galaxy-s8-ternyata-bisa-dibobol-bzG3PhQ3aL.jpg Samsung Galaxy S8. (Foto: Moch. Prima Fauzi)

SEOUL - Sejak peluncuran Galaxy Note 7 lalu, Samsung tampaknya terus menghadirkan cara baru dalam pengamanan perangkat smartphone. Setelah memperkenalkan pemindai iris mata, kali ini perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan pemindai wajah.

Fitur yang dinamai face recognition itu menjadi salah satu fitur yang dibawa Samsung di smartphone Galaxy S8 dan S8 Plus. Meski terdengar canggih, namun ternyata fitur keamanan itu gampang dibobol.

Dalam demo video yang diunggah oleh akun iDeviceHelp di Youtube, menunjukkan bahwa face recognition S8 bisa tertipu hanya dengan memindai foto, bukan wajah asli pemiliknya.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa fitur keamanan Samsung itu hanya untuk menghibur penggunanya saja. Selain face recognition, S8 juga disokong dengan pemindai sidik jari dan iris untuk keamanannya.

Menanggapi video ini, sumber-sumber dari Korea Selatan dikutip The Korea Herald mengklaim bahwa Samsung tak pernah bermaksud menjadikan face recognition sebagai sistem keamanan yang serius.

Pengamat industri juga menyatakan “Telefon dapat dibuka dengan wajah orang yang sedang tidur atau bahkan hanya dengan sebuah foto. Untuk saat ini, teknologi pengenal wajah hanya ditujukan untuk hiburan, tidak harus dianggap sebagai ukuran keamanan yang dapat dipercaya.”

Dilansir Slashgear, Sabtu (1/3/2017), kemampuan foto untuk menggantikan wajah asli pemilik ponsel menimbulkan kerentanan. Yakni orang lain dapat dengan mudah untuk menggunakan foto pemilik ponsel yang didapatkannya dari berbagai jejaring sosial.

Hal itu tentu saja dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh peretas untuk mencuri data pribadi pengguna smartphone S8. Pembuktian mudahnya fitur face recognition Samsung Galax S8 tersebut bisa dilihat dalam video di bawah ini.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini