Asisten Virtual Siri vs Alexa Dicecar 24 Pertanyaan, Siapa Pemenangnya?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 03 April 2017, 14:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 03 207 1657547 asisten-virtual-siri-vs-alexa-dicecar-24-pertanyaan-siapa-pemenangnya-HmuVPVQuja.jpg Amazon Alexa dan Apple Siri. (Foto: Forbes)

JAKARTA - Apple tengah mempersiapkan kembali merancang asisten virtual Siri dan berkompetisi dengan milik Amazon, Alexa. Keduanya merupakan asisten virtual yang kini berhasil mencuri perhatian berkat kemampuan yang dimilikinya.

Sebagaimana diketahui, kemampuan Siri tak bisa dilepaskan dari bayang-bayang Apple sebagai induk perusahaan. Sementara Alexa milik Amazon, baru saja menjadi primadona di panggung Consumer Electronic Show pada awal tahun ini sebagai artificial intelligence yang paling banyak digunakan di ajang tersebut.

Asisten virtual sendiri merupakan teknologi yang digunakan untuk mempermudah kontrol atas sebuah perangkat melalui perintah suara maupun dalam bentuk pertanyaan. Lantas bagaimana kemampuan keduanya? Forbes telah melakukan uji coba melalui serangkaian pertanyaan yang dirangkum Okezone, Senin (3/4/2017).

Adapun beberapa pertanyaan yang diajukan untuk kedua asisten virtual tersebut adalah, "Kapan pertandingan Arsenal selanjutnya digelar?", "Berapa lama kereta Central Line dari Stratford ke jalan Liverpool?", "Apakah saya memerlukan payung hari ini?", "Apa pertandingan NFL selanjutnya di Inggris?", dan lainnya.

Total pertanyaan yang diajukan untuk Siri dan Alexa ialah 24 pertanyaan. Di beberapa pertanyaan, terkadang keduanya tak menjawab sama sekali. Seperti saat ditanyakan soal, "Berapa daya yang kamu gunakan?" dan "Pertanyaan apa yang telah saya tanyakan hari ini?"

Dari semua percobaan tersebut, Alexa diketahui sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Siri. Jika diberikan penilaian, Siri mengantongi nilai 7,5, sedangkan Alexa mendapatkan nilai 8 dari keseluruhan jawaban yang diberikan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini