Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Nyamuk Mampu Kepakan Sayap Lebih Cepat daripada Hewan Lainnya

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 03 April 2017 22:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 03 56 1658039 ternyata-nyamuk-mampu-kepakan-sayap-lebih-cepat-daripada-hewan-lainnya-UnEJ1icqlF.jpg (Foto: BBC)

JAKARTA – Studi baru menemukan bahwa nyamuk mampu terbang dengan kemampuan berbeda dari hewan lainnya. Hasil penelitian yang diungkapkan oleh empat ilmuwan ini telah dipublikasikan di situs Nature.

Dibanding hewan lainnya, ada dua perbedaan yang secara umum dimiliki oleh nyamuk. Pertama yaitu nyamuk mampu mengepakkan sayapnya lebih cepat 700 mhz dan setiap kepakannya berada di sudut kurang dari 40 derajat.

Selain itu, salah satu hal unik dari cara terbang nyamuk ialah mampu menghasilkan daya angkat dengan memutar sayapnya. Sayap nyamuk bergerak berputar dari atas ke bawah yang berasal dari bagian tubuhnya.

Tekanan rendah saat sayap berada di atas mampu sedikit mengangkat tubuh nyamuk. Meski hanya memiliki sedikit dorongan ke atas, nyamuk mampu memaksimalkan kemampuannya tersebut.

Pada dasarnya, nyamuk mampu melakukan dua hal sekaligus dengan tidak memutarkan semua sayapnya. Putaran sayap dimulai di dekat tubuhnya kemudian disusul bagian ujung. Hal itu untuk menghasilkan daya angkat di setiap kepakannya.

Dengan cara tersebut, nyamuk mampu memaksimalkan setiap kepakan sayapnya dengan cepat dan dengan waktu relatif singkat.

Dilansir Gizmodo, Senin (3/4/2017), untuk mengamati gerakan nyamuk, para ilmuwan menggunakan delapan kamera berkecepatan tinggi. Tim peneliti ini melakukan penelitian dengan merekam pergerakan nyamuk dari beragam sudut pandang kamera agar bisa menganalisis setiap kepakan sayapnya. Setelah mendapatkan bukti rekaman, mereka pun melakukan observasi lebih mendalam.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini