Memanfaatkan SD Card sebagai Penyimpanan Default Foto di Android

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 05 April 2017, 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 05 92 1659929 memanfaatkan-sd-card-sebagai-penyimpanan-default-foto-di-android-dquxhVp3pZ.jpg Foto: Bussiness Insider

JAKARTA – Apakah Anda sering kehabisan memori di ponsel Android? Tak peduli berapa pun besarnya, Anda akan selalu kehabisan memori internal.

Untuk itu, Anda memerlukan SD card untuk mewadahi semua file. Salah satu jenis file yang paling banyak memakan memori adalah foto.

Berikut adalah cara membuat SD card Anda menjadi ruang penyimpanan default Android. Dengan begitu, Anda tak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan lagi.

Di perangkat Samsung

1. Buka aplikasi kamera

2. Cari ikon gear dan tap ikon itu.

3. Sekarang, Anda akan melihat layar untuk pengaturan kamera. Ketika gulir ke bawah, Anda akan menemukan pilihan untuk lokasi penyimpanan.

4. Pilih dan Anda akan diminta untuk memilih SD card. Lanjutkan untuk memilih SD card sebagai lokasi penyimpanan Anda sekarang.

Langkah-langkah menggunakan SD card sebagai default storage menggunakan aplikasi Camera MX

1. Pasang terlebih dulu aplikasi Camera MX dari Play Store

2. Buka aplikasi Camera MX

3. Sekarang Anda bisa mengganti ikon menu di sudut kanan atas jika memegang perangkat dalam modus potret. Tekan itu.

4. Anda sekarang akan bisa menyiasati pengaturan seperti mengubah resolusi foto dan scene mode. Namun abaikan saja, Anda perlu menekan ikon gear untuk mengarahkan ke layar pengaturan kamera.

5. Ketika masuk ke layar pengaturan kamera, Anda perlu gulir ke bawah untuk menemukan pilihan lokasi penyimpanan. Tekan itu untuk mengaktifkan penggunaan SD card sebagai penyimpanan default foto. Jika meminta izin akses, cukup klik pada ‘Allow’ untuk melanjutkan.

6. Terakhir, tekan ‘select storage location’ dan kemudian pilih ‘SD Card’ untuk mengatur SD card sebagai penyimpanan default foto ketika menggunakan aplikasi Camera MX.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini