Mengenal Penyimpanan Cloud

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 11 April 2017 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 11 207 1664206 mengenal-penyimpanan-cloud-UmreUsNPwF.jpg (Foto: PC Magazine)

JAKARTA - Sistem penyimpanan file telah berkembang cukup pesat dari berbentuk kepingan disket dan mulai banyak tersedia beragam jenisnya. Anda mungkin telah mengetahui penyimpanan berupa CD, flashdisk, atau memori eksternal berupa SD card atau hard disk eksternal.

Namun saat ini, penyimpanan fisik tak lagi dianggap efektif guna mendukung mobilitas dan kepraktisan. Oleh karena itu, diperkenalkanlah sebuah alternatif penyimpanan bernama cloud storage atau penyimpanan berbasis awan. Dikatakan demikian karena sistem dalam layanan cloud memungkinkan pengguna menyimpan file secara virtual.

Pada dasarnya, sebuah sistem penyimpanan cloud akan menyimpan file di sebuah tempat yang dimiliki oleh penyedia layanan. Perusahaan penyedia layanan ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga data yang disimpan di dalamnya, sehingga bisa diakses kembali oleh pengguna.

Beberapa layanan cloud storage yang saat ini telah banyak dikenal ialah Google Drive, Dropbox, Apple iCloud, dan lainnya. Kendati demikian, kelemahan dari sistem penyimpanan cloud ini ialah pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses file yang telah disimpan.

Sistem penyimpanan secara awan ini, sebagaimana dituturkan Wikipedia, telah dimulai sejak 1960 saat Joseph Carl Robnett Licklider bekerja di ARPANET. Barulah pada 1983, CompuServe menawarkan jenis penyimpanan yang bisa diunggah meski dalam ukuran terbatas.

Sementara sistem penyimpanan yang telah mengalami kemajuan dimulai pada 2006, di mana Amazon Web Servces memperkenalkan layanan AWS S3. Layanan itu kemudian menyebar sehingga banyak digunakan oleh pihak ketiga seperti Smugmug, Dropbox, Synaptop, dan Pinterest.

Selain bisa menyimpan data, pengguna layanan awan juga bisa saling berbagi file secara online. Pengguna lain yang menerimanya bisa mengunduh file tersebut dengan mudah.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini