Jenis Penyimpanan Cloud yang Banyak Digunakan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 11 April 2017 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 11 207 1664262 jenis-penyimpanan-cloud-yang-banyak-digunakan-FUG3VWgN39.jpg (Foto: PC Advisor)

JAKARTA - Penyimpanan secara awan atau cloud storage memiliki tiga model sistem yang saat ini banyak diterapkan. Tergantung dari data yang ingin disimpan, ketiga jenis penyimpanan tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda.

Lantas seperti apa perbedaannya? Berikut ini Okezone rangkum bersumber dari website Asigra, Selasa (11/4/2017).

Public Clouds

Layanan ini berdasarkan pada internet. Penyedia layanan menggunakan internet untuk membuat sumber seperti aplikasi dan penyimpanan yang tersedia secara umum sehingga disebut public clouds.

Adapun beberapa layanan yang terkenal dengan jenis penyimpanan ini antara lain Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), Blue Cloud IBM, Sun Cloud, Google AppEngine, dan Windows Azure.

Layanan ini biasa digunakan secara perorangan karena lebih rendah biaya. Hanya saja, terdapat keterbatasan yakni soal konfigurasi dan keamanan.

Private Clouds

Private clouds merupakan jenis layanan penyimpanan yang lebih banyak digunakan untuk sektor bisnis. Private clouds menggunakan data center yang dimiliki oleh perusahaan untuk menyediakan layanan secara fleksibel, skalabilitas, dan juga memungkinkan pengawasan secara langsung.

Karena lebih cocok digunakan untuk sektor bisnis, biaya yang digunakan untuk jenis layanan ini pun lebih tinggi dari public clouds. Adapun perusahaan yang cocok menggunakan private clouds ialah yang berada di skala menengah.

Hybrid Clouds

Dengan menggunakan penyimpanan cloud secara hybrid, perusahaan bisa mengakses jenis penyimpanan private cloud dan public cloud. Dengan kata lain, pengguna bisa memilah-milah data mana yang dianggap penting untuk diamankan dan mana yang bisa diakses secara umum.

Selain itu, penyimpanan jenis ini juga memungkinkan perusahaan untuk memonitor data miliknya sehingga memiliki tingkat keamanan yang bisa dipantau.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini