Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beberapa Pilihan Layanan Cloud Terbaik saat Ini

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 11 April 2017 15:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 11 207 1664468 beberapa-pilihan-layanan-cloud-terbaik-saat-ini-4yHnESpIW5.jpg (Foto: Tech Radar)

JAKARTA - Selain bisa menyimpan file melalui wadah penyimpanan berupa hard disk, Anda juga menyimpannya melalui layanan cloud. Sistem penyimpanan berbasis internet ini bisa menjadi alternatif untuk mencadangkan file berharga.

Selain itu, karena tanpa menggunakan peralatan, penyimpanan cloud bisa dikatakan cukup efisien bagi Anda yang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi.

Saat ini telah tersedia beragam layanan cloud yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Okezone telah merangkum beberapa di antaranya yang bersumber dari Tech Radar, Selasa (11/4/2017).

Dropbox

Dropbox merupakan penyimpanan berbasis cloud yang cukup lawas. Layanan ini menyediakan kapasitas sebesar 2 GB yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Selain itu, jika Anda menaruh tautan Dropbox di media sosial, kapasitas penyimpanan diperbesar menjadi 16 GB.

Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud yang banyak disediakan oleh ponsel berbasis Android. Pengguna bisa mencadangkan dan menaruh file berupa foto, video, maupun dokumen digital lainnya tanpa harus memikirkan kapasitas di memori internal pada ponsel.

Layanan ini juga terintegrasi dengan Google Photos yang bisa digunakan untuk menyimpan beragam foto berkualitas tinggi. Anda bisa mendapatkan kapasitas sebesar 15 GB secara gratis dan 100 GB hingga 1 TB dengan layanan berbayar.

Mega

Meski jarang terdengar, Mega merupakan aplikasi mobile cloud yang cukup ringan saat digunakan. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan atau mencadangkan foto atau file lainnya yang terhubung perangkat desktop.

Mega mengklaim bahwa layanan miliknya telah terenkripsi. Sehingga, sebelum mencapai server layanannya, data pengguna akan aman. Anda bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan kapasitas sebesar 50 GB.

OneDrive

Sempat bernama SkyDrive, Mircosoft mengubah layanan cloud miliknya menjadi OneDrive. Bagi pengguna Windows versi terbaru, Anda tak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga. Sebab, OneDrive mamapu menyimpan beragam file yang bisa diakses melalui aplikasi di iOS dan Android.

Dibandingkan layanan lainnya, OneDrive memiliki kapasitas penyimpanan gratis yang cukup sempit. Microsoft hanya menyediakan ruang sebesar 5 GB.

Box

Layanan ini telah mendukung beragam file yang berasal dari Google Docs maupun Office 365. Sinkronisasi juga tersedia melalui halaman unduhan di Mac dan Windows. Box menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB secara gratis dan 100 GB untuk versi berbayar.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini