Tips agar Kabel Tak Jadi Target Gigitan Tikus

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 13 April 2017, 00:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 12 92 1665919 tips-agar-kabel-tak-jadi-target-gigitan-tikus-wWGfzSLNrj.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pengguna mungkin pernah mengalami kabel earphone atau kabel charger yang rusak atau bahkan putus akibat digigit tikus. Putusnya kabel bisa berakibat speaker atau earphone tidak lagi dapat digunakan.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus menggigit kabel milik pengguna.

Gunakan Pelindung Kabel

 

Pelindung kabel sudah banyak dijual di toko, memiliki bentuk spiral dengan warna-warna yang bervariasi. Pelindung kabel ini diklaim cocok untuk mengatasi gangguan tikus pada kabel-kabel gadget.

Rapikan Kabel

Kabel yang tergeletak di lantai memungkinkan tikus lebih mudah untuk menemukannya. Rapikan kabel dengan cara menggulungnya. Bila perlu menempatkannya dalam wadah yang aman tanpa celah, sehingga tikus tidak dapat masuk ke dalamnya.

Jaga Kebersihan

Tikus betah berada dalam suatu ruangan atau rumah karena ada sumber makanan di tempat itu. Pastikan pengguna membersihkan bekas-bekas makanan yang terjatuh di lantai atau di meja. Sebaiknya juga menutup rapat-rapat makanan atau minuman untuk mencegah tikus berkeliaran di ruangan.

Gunakan Kamper

 

Pengguna bisa menggunakan kamper atau kapur barus untuk mengusir tikus. Pengguna bisa menempatkan kamper tersebut di titik-titik area yang memungkinkan tikus untuk berkeliaran.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini