Transisi Teknologi Speaker Berkabel hingga Nirkabel

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 13 207 1666414 transisi-teknologi-speaker-berkabel-hingga-nirkabel-1SMrefaCz0.jpg (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Saat ini, kita telah mengenal speaker dengan jenis yang menggunakan kabel. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis speaker pun mulai berkembang dengan menerapkan teknologi wireless atau nirkabel.

Sebenarnya, speaker yang menggunakan kabel telah lama hadir sejak pengembangan dari speaker itu sendiri. Hanya saja dalam perjalanannya, speaker berkabel tak hanya tersedia secara independen. Perangkat tersebut juga tersedia sebagai perangkat periferal.

Misalnya, saat ini telah banyak speaker yang digunakan di komputer dan laptop untuk memaksimalkan sistem audio. Berbeda dengan speaker berkabel pada umumnya, speaker ini menggunakan port atau colokan USB sebagai pengatar daya.

Sementara speaker nirkabel, sebagaimana diungkap Freshetech, telah hadir sejak 1994. Saat itu, Lary Schotz mengajukan paten tersebut dan hingga kini bisa terwujud jenis speaker tanpa kabel.

Perkembangannya sendiri hampir bersamaan dengan teknologi bluetooth yang diciptakan oleh perusahaan Ericsson. Bluetooth diciptakan guna menjadi alternatif untuk penggunaan kabel saat itu.

Pada dasarnya, bluetooth mengangkut data menggunakan sinyal radio. Perbedaan antara bluetooth dan perangkat nirkabel lainnya yang menggunakan gelombang radio jarak, yakni jarak jangkauannya yang lebih pendek.

Sedangkan mengenai sistem kerjanya, speaker nirkabel terdiri dari dua unit yakni unit speaker utama yang menggabungkan loudspeaker itu sendiri dengan penerima RF dan unit RF transmitter.

Pemancar menghubungkan ke output audio dari setiap perangkat audio seperti peralatan hi-fi, televisi, komputer, MP3 player, dan lainnya. Sementara untuk urusan dayanya, speaker nirkabel menggunakan baterai yang bisa bertahan tiga hingga empat jam.

Saat ini, tren speaker nirkabel lebih populer dibandingkan dengan berkabel. Pasalnya selain bisa dipindahkan ke mana pun, desain yang digunakan pun lebih elegan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini