Mengulas Speaker Pintar: Google Home vs Amazon Echo

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 13 207 1666627 mengulas-speaker-pintar-google-home-vs-amazon-echo-UzCnBiTxMY.jpg (Foto: Mirror)

JAKARTA - Jika dahulu speaker hanya digunakan untuk mendengarkan musik, lain halnya kini yang telah berubah menjadi asisten pribadi di rumah. Sebagai perangkat periferal, saat ini speaker telah semakin canggih berkat hadirnya sistem kecerdasan buatan.

Anda mungkin tak asing lagi dengan chat bot semacam Google Assistant dan Amazon Alexa yang bisa melakukan perintah melalui suara. Dua kecerdasan buatan tersebut kini hadir dalam perangkat speaker. Google Assistant di Google Home, sedangkan Amazon Alexa ada di Amazon Echo.

Bagaimana kemampuan di keduanya? Okezone telah merangkumnya bersumber dari Mirror yang dilansir Kamis (13/4/2017) berikut ini.

Desain

Amazon Echo memiliki tinggi 23,5 cm yang berbentuk silinder. Speaker ini memiliki diameter 8,3 cm dan memiliki bobot yang cukup berat dibandingkan speaker lainnya. Di bagian bawah, terdapat sebuah speaker grill tempat keluarnya suara yang dihasilkan.

Sementara di bagian atas, terdapat sebuah lampu yang melingkari bagian pinggirnya, bersamaan dengan tombol pengaturan volume di bagian tengah.

Sementara itu, desain dari Google cukup unik karena terinspirasi dari bentuk gelas wine. Permukaan bagian atasnya tampak miring dengan tambahan tombol capacitive. Selain itu, terdapat pula panel lampu berwarna-warni yang menjadi ciri khas Google.

Warna "cangkang" di bagian bawah Google Home bisa diganti sesuai selera pemiliknya, seperti mengganti cover smartphone bagian belakang.

Suara

Sedangkan dari segi suara, Amazon Echo memiliki 1.0 channel speaker yang merupakan speaker tunggal dengan satu tweeter dan satu woofer. Dengan kata lain, speaker ini memang dirancang untuk mendengarkan musik. Di sisi lain, Google menawarkan dual-radiator yang diklaim menghasilkan suara jernih dan kedalaman suara.

Asisten Suara

Karena dirancang sebagai speaker pintar, baik Amazon Echo dan Google Home telah dilengkapi fitur asisten digital. Amazon Echo memiliki Alexa yang mampu mengenali beragam perintah sederhana atau bahkan beberapa seri pertanyaan.

Untuk menjawab beragam pertanyaan, Alexa menggunakan mesin pencari milik Microsoft, Bing. Sedangkan Google Home, karena memiliki mesin telusur sendiri, ia memanfaatkan Google untuk menjawab beragam pertanyaan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini