Enam Tips Agar Laptop Tak Cepat Panas

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Kamis 13 April 2017, 20:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 13 92 1667013 enam-tips-agar-laptop-tak-cepat-panas-aPgQlpg9AO.jpg Enam Tips Agar Laptop Tak Cepat Panas (Foto: NDTV)

JAKARTA - Laptop bisa menjadi cepat panas apabila beban kerja terlalu berat, tapi tak bisa dipungkiri cuaca panas ternyata ikut mempengaruhi suhu laptop.

Berikut enam tips agar laptop Anda tidak cepat panas yang diolah dari berbagai sumber

Jangan Memilih Tempat yang Terpapar Sinar Matahari

Jika menggunakan laptop pada tempat yang langsung terkena sinar matahari, sebaiknya lindungi laptop dengan pelindung agar sinar tidak menembus casing.

Hindari Meletakan Laptop di Kendaraan Pribadi

Suhu di dalam mobil kerap kedap udara, ketika cuaca panas, sinar matahari akan menembus kaca mobil yang akan mengakibatkan suhu kabin meningkat, tentunya sangat berpengaruh pada kinerja laptop.

Netralkan Suhu

Saat merasakan udara di luar terlalu terik dengan membawa laptop, pastinya kita akan mencari ruangan yang memiliki udara dingin. Namun, jangan langsung menyalakan laptop, beri jeda beberapa saat kemudian dinyalakan. Ini bertujuan agar menetralisasikan suhu panas.

Bersihkan dari Debu

Salah satu penyebab suhu laptop menjadi cepat panas ialah debu yang menumpuk pada kipas. Jadi, lakukan perawatan rutin dengan menghilangkan debu yang menyelimuti permukaan hardware, termasuk pada motherboard, VGA card dan komponen lainnya.

Jangan Mencolok Laptop jika Baterai Penuh

Hal ini tentu dapat membuat laptop cepat panas, sesuaikan pengaturan daya yang dipakai dengan asupan listrik.

Gunakan Cooling Pad

Penggunaan Cooling Pad tentu dapat mengurangi suhu laptop, dengan cara menyedot suhu panas dari dalam bodi laptop menggunakan kipas kecil yang ditempatkan tepat di bawah perangkat laptop.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini