Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkuak, Cara Bikin Profile Picture Media Sosial Keren

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Senin 17 April 2017 06:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 15 207 1668293 terkuak-cara-bikin-profile-picture-media-sosial-keren-drTKvSGuyI.jpg (Foto: Lifehacker)

SYDNEY - Tak sedikit orang lebih gemar mengambil foto selfie dan memajangkan di jejaring sosial. Namun, menurut peneltian terbaru, ada baiknya meminta pendapat orang lain lebih dulu sebelum menjadikannya profile picture.

Studi dari University of New South Wales yang diterbitkan dalam Cognitive Research: Principles and Implications, memiliki peserta yang mengambil foto profile dan akan digunakan untuk situs jejaring sosial, situs jaringan profesional atau situs kencan.

Kemudian mereka diminta untuk memilih mana yang paling mungkin dan mana yang paling tidak mungkin untuk digunakan, serta menilai masing-masing foto atas daya tarik, kepercayaan, dominasi, kompetensi, dan keyakinan. Peserta kemudian harus melakukan hal yang sama untuk satu set gambar milik orang lain.

Para peneliti menemukan bahwa gambar yang dipilih oleh orang lain membuat kesan pertama yang jauh lebih baik dibanding gambar yang dipilih oleh individu itu sendiri.

David White, penulis utama studi tersebut menunjukan karena kita cenderung memilih gambarĀ  diri sendiri yang menekankan daya tarik fisik. Itu memang baik dan bagus untuk beberapa situasi, tapi tidak selalu berkualitas. Lebih baik tampil kompeten dan percaya diri di situs seperti LinkedIn, atau situs kencan seperti Tinder.

Penelitian ini dilakukan dengan orang lain, bukan teman maupun keluarga. Sehingga mereka tidak yakin bagaimana orang-orang yang dekat secara efektif dapat memilih foto profil yang lebih baik. Demikian dikutip dari Lifehacker, Senin (17/4/2017).

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini